Senin, 18 Desember 2017

Khitanan Masal



KHITANAN MASAL HAB KEMENAG RI KE-72

Bantul, Selasa,  19 Desember 2017 Untuk memanfaatkan hari libur sekolah serta dalam rangka Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indinesia yang ke-72.maka diselenggarakan Kegiatan Khitanan Masal di MTsN 8 Bantul. Kegiatan ini dilaksanakan juga untuk memberikan santunan kepada kaum dhu’afa
Kegiatan Khitanan Masal dilaksanakan tanpa dipungut biaya atau gratis dan kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Yayasan Islam Al-Furqon, RSU Nur Hidayah, Pamela Swalayan, Radio Persatuan Bantul, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul serta MTsN 8 Bantul.
Sambutan Panitia diwaliki oleh Drs. Ahmad Daroji yang melaporkan kegiatan Khitanan Masal, bahwa setelah dilakukan sosialisasi Kegiatan Khitanan Masal selama dua bulan akhirnya kegiatan ini diikuti kurang lebih 60 anak di wilayah Kecamatan Dlingo dan ada beberapa dari luar Dlingo. Ada sedikit kendalan dalam merekrut peserta khitanan masal, karena budaya di masyarakat Dlingo yaitu dengan mengadakan syukuran setelah putranya dikhitan, sehingga ada beberapa anak yang urung mendaftarkan khitanan masal, karena belum punya biaya untuk mengadakan syukuran. Hal ini tentu saja yang membuat panitia sedikit harus bekerja ekstra untuk merekrut peserta khitanan masal, yang target awal diharapkan peserta mencapai 100 anak, tetapi akhirnya hanya 64 anak yang mendaftar.Selanjutnya juga menyatakan bahwa kegiatan khitanan masal ini bertujuan memperingati HAB Kemenag RI Ke-72 dan juga sekaligus sebagai sosialisasi akan keberadaan MTsN 8 Bantul. Menurut Pak Tavif para peserta khitanan masal  mendapat banyak fasilitas dari kegiatan ini diantaranya : Sarung, baju koko, kopyah, uang saku, makan, snek serta fasilitas lainnya.
Dalam sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul menyatakan bahwa Kegiatan Khitanan Masal ini dilaksanakan dalam rangka HAB Kemenag Republik Indonesia Ke-72. Di samping itu dengan adanya Khitanan Masal ini semoga MTsN 8 Bantul semakin dikenal dan dirasakan keberadaan dan manfaatnya bagi masyarakat sekitarnya. Juga menyatakan bahwa Kementerian Agama memiliki tugas yang sangat besar termasuk adanya Madrasah yang semua sudah terakreditasi A. Mengharapkan kepada orang tua dan wali tidak usah ragu-ragu memasukkan putra-putrinya ke Madrasah.
Sambutan dari Yayasan Islam Al-Furqon yang diwakili Bp. Zaini, menyampaikan beberapa hal kegiatan Yayasan Islam Al-Furqon yaitu membantu pembangunan juga kegiatan masjid, serta juga kegiatan social lainnya termasuk Khitanan Masal dalam Rangka HAB Kemenag RI Ke- 72 di MTsN 8 Bantul. Yayasan Islam Al-Furqon sangat berterima kasih kepada Panitia HAB Kemenag RI Ke-72 yang telah menyelenggarakan kegiatan Khitanan Masal ini, semoga kerja sama ini akan berlangsung seterusnya, karena itulah keberadaan Yayasan Islam Al-Furqon semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat khususnya umat Islam.
Kegiatan ditutup doa oleh Bapak  Ngatijjan (Kepala KUA Dlingo)
Kakankemenag Kab. Bantul beserta Staf

Hadroh MTsN 8 Bantul

Kakankemenag Bantul beserta Peserta Khitanan Masal

Peserta Khitanan Masal di Panggung Gembira

Sambutan Kepala MTsN 8 Bantul mewakili Panitia

Sambutan Kakankemenag Bantul

Sambutan dari Yayasan Islam Al-Furqon

Penampilan Hadroh MTsN 8 Bantul

Jamua Maka Siang

Kalam Ilahi oleh Bp. Rushadi

Petugas Penerimaan Obat dan Uang Saku

Suasana Ruang Khitanan
Doa oleh Kepala KUA Dlingo Bp. Ngatijan
Tamu Undangan
Suasana Pendaftaran

Pemberian Bingkisan secara Simbolik











Tidak ada komentar:

Posting Komentar